[My Escape] – Medical Check-up untuk Studi Lanjut di Taiwan

Proses medical check-up (MCU) merupakan salah satu syarat untuk pembuatan visa ke Taiwan. Rumah sakit / klinik untuk proses MCU inipun sudah ditentukan oleh pihak TETO (Kedutaan Taiwan), jadi tidak bisa di sembarang rumah sakit / klinik. Daftarnya dapat anda lihat di sini.

Dalam kasus saya, dikarenakan di Purwokerto tidak terdapat perwakilan rumah sakit / klinik seperti yang tertera pada daftar di atas, maka saya melakukan proses MCU di salah satu klinik di Yogyakarta. Sebenarnya ada opsi yang lebih dekat, yaitu di Cilacap, namun dikarenakan pertimbangan satu dan lain hal (terutama terkait jadwal vaksinasi yang kurang fleksibel), saya memutuskan untuk melakukan MCU di Yogyakarta.

Persyaratan yang perlu anda persiapkan untuk melakukan MCU ini antara lain:
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi paspor
3. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 800.000,- (mungkin suatu saat dapat berubah), yang harus dibayar secara tunai / cash
Untuk jaga-jaga, bawa sekalian:
4. Fotokopi KK
5. Fotokopi LoA

Secara teknis dalam rangkaian proses MCU ini beberapa aspek yang dicek antara lain tes fisik, tes darah, tes urine + feses, dan rontgen. Jika hasil medical check-up measles dan rubella negatif, maka kita diharuskan suntik vaksin (yang jadwalnya akan diumumkan oleh pihak rumah sakit / klinik kemudian), dan sebaliknya jika hasilnya positif maka tidak perlu. Jika kita harus vaksin, maka akan ada penambahan biaya vaksin sebesar +/- Rp. 200.000,-. Hasil dari keseluruhan rangkaian MCU tersebut akan diberikan +/- 7 hari dari hari tes.